Sejarah Singkat unkar

Sejarah Singkat Universitas Kartini

Universitas Kartini Surabaya tumbuh dan berkembang melalui serangkaian proses, prakarsa pendiriannya dilandaskan pada hasrat yang luhur untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan Bangsa dan Negara seperti yang diamanatkan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan semangat perjuangan yang berorientasi pada cita-cita Pembangunan Nasional.

Prinsip yang mendasari upaya mewujudkan Hasrat dan Semangat Perjuangan tersebut adalah ilmu amaliyah dan amal ilimiah, yaitu pengembangan ilmu dan tekhnologi untuk diabdikan pada kehidupan berbangsa dan bernegara. Universitas Kartini didirikan oleh Ikatan Sarjana Wanita Indonesia, melalui pendirian Yayasan Putri Kartini dengan Akte Notris Amral Partomuan,SH., nomer: 23 tanggal 13 Agustus 1982.

Nama Kartini dipilih sebagai nama Universitas, Mengingat Kartini merupakan salah satu tokoh wanita yang tidak saja berjuang demi kepentingan emansipasi Wanita, tetapi juga mempunyai perhatian yang besar pada bidang pendidikan. Melalui keputusan mentri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia No.082/ 0/1986, tanggal 21 November 1986 dikeluarkan setatus terdaftar bagi Universitas Kartini dengan jumlah 4 (empat) Fakultas, yaitu: Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, dan Fakultas Pertanian.

Namun dengan berjalannya waktu peminat Fakultas Pertanian cenderung turun. Berkaitan dengan hal tersebut, maka dengan persetujuan Kopertis Wilayah VII Jawa Timur maka pada tanggal 25 November 2013 Fakultas Pertanian ditutup.
Sejalan dengan dinamika perkembangan, lembaga pengelolaan Universitas Kartini sempat mengalami beberapa kali pengelola yaitu:

  • Melalui Akte Notaris EW Soejono, SH., No.61 tanggal 16 Agustus 1990 dan akte No.01 tanggal 4 september 1990 terjadi perubahan pengelola dan nama yayasan dari Yayasan Putri Katini menjadi Yayasan Putra Putri Kartini.
  • Melalui Akte Notaris EW Soejono, SH., No 118 dan 119 tanggal 24 Februari 1993 terjadi perubahan pengelola dan nama Yayasan dari Yayasan Putra Putri Katini menjadi Yayasan Pendidikan Kartini.
  • Melalui Akte Notaris Dr. J. Andy Hartanto, SH., MH., Ir.,MMT, No.89 tanggal 17 Mei 2013, No. 57 tanggal 20 Febrauari 2014 terjadi perubahan nama Yayasan Pendidikan kartini menjadi Yayasan Harapan Utama Surabaya Indonesia dan telah disahkan oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan SK No. AHU-5006.AH.01.04.
    Tahun 2013 tanggal 6 September 2013. Sebagai bagian dari dinamika perkembangan, Universitas kartini sempat berpindah dari kampus Jalan kalidami ke kampus Jalan Manyar Kertoarjo, kampus jalan Pumpungan dan di kampus Jalan Raya Nginden 19-23 Surabaya sampai saat ini.

Start a Conversation

Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp

Panitia PMB

Panitia PMB

Novita - Staff Penerimaan Mahasiswa Baru

online

Support dan Informasi

Support dan Informasi

Hani - Staff Akademik

offline

X